Norton Ghost

Wednesday, October 21, 2009

Norton Ghost Untuk Komputer Lain
Dalam tutorial dulu saya membahas Norton Ghost namun penggunaan tersebut hanya untuk komputer sendiri, jika dipakai komputer lain tidak bisa diaplikasikan, nah untuk itu saya akan membahas bagaimana membuat image dari Windows dan bisa diaplikasi untuk semua komputer, baik untuk komputer merk Intel, AMD, tak perduli Pentium berapa pun, cuma masih saja tidak menggunakan hardisk SATA, namun akan saya sertakan trik bagaimana backup menggunakan hardisk SATA pada bagian akhir. Memang menginstall Windows secara manual memang membuat kita malas menggarapnya karena semua software kita install satu persatu. Jika anda ada pekerjaan menginstall 100 komputer mau anda mengerjakan secara manual ?
Langkah pertama lakukan adalah menggunakan komputer dengan prosesor AMD, tak perduli pake Athlon atau Duron, pokoknya AMD, serta sebuah hardisk PATA dengan dipartisi menjadi dua, pembuatan image Ghost hanya bisa dilakukan pada lain drive, jika hanya partisi satu maka tidak akan berhasil. Kemudian anda membutuhkan boot Ghost yang bisa anda dapatkan lewat google. Kita tidak perlu membutuhkan Norton Ghost versi penuh karena kita tidak melakukan install Ghost pada Windows, jadi kita menjalankan Ghost secara under DOS. Mengapa menggunakan komputer berbasis AMD ? bukan Intel ? AMD mempunyai manajemen driver IDE yang bersifat multiplatform, coba anda lakukan perpindahan hardisk yang terisi Windows dari komputer Intel ke AMD, maka akan terjadi bluescreen, jika dilakukan sebaliknya tidak akan masalah, karena AMD mempunyai Standart Dual Channel PCI IDE Controller, sehingga bisa dimigrasikan langsung pada komputer lain, sedang Intel hanya mempunyai Intel IDE Bus Master.
Perlu anda ketahui ghost berjalan pada under DOS, ghost tidak berjalan di Windows, sekalipun anda menginstall lewat Windows, proses image akan dibawa ke under DOS. pertama anda install manual semua yang anda butuhkan, dari windows sampai sekomplit-komplitnya, atur setting sesuai kemauan anda. Pokoknya bikin Windows sesempurna mungkin, bahkan jika perlu scan pake antivirus. Jika sudah semuanya anda lakukan, maka saatnya membuat imagenya. Untuk membuat bootable ghost anda bisa langsung mencomot file ghost.exenya dari instalasi norton ghost di program file dan anda buat boot DOS lalu panggil seperti biasa. Namun lebih baik gunakan norton boot disk atau Hiren. Untuk norton boot disk bisa anda didonlot di sini, burn hasil download file tersebut pada sebuah keping CD.
Setelah boot pake cd yang telah anda buat, cara membuat image adalah dengan cara melakukan pilihan
1. Pilih Local - Partition - Image.

2. Tentukan di mana anda menginstall Windows, secara default adalah C:

3. Tentukan tujuan meletakkan hasil image di lain drive, jika satu drive akan ditolak. Simpan nama file tersebut dan klik save.

4. Kompresi, lakukan proses pembuatan image dan biarkan berjalan sampai selesai, jika sudah selesai lakukan reset dan matikan komputer, pasang hardisk pada posisi yang diset bootable.

Untuk backup ghost menggunakan hardisk SATA anda bisa menggunakan Hiren, Hiren bisa membaca hardisk SATA, saya belum mencoba, namun jika anda tertarik mencobanya bisa di download di sini

0 komentar: